Memperbaiki printer tidak bisa narik kertas

Namecheap.com
Selama melakukan service printer, sudah sering saya temukan kasus printer tidak bisa menarik kertas yang banyak disebabkan oleh Roller penarik kertas yang sudah aus atau karena adanya benda asing yang nyangkut atau mengganjal pada bagian tempat kertas keluar. Well, Sebelum kita mengulas lebih jauh tentang cara memperbaiki printer tidak bisa narik kertas, berikut ini akan akan saya uraikan beberapa penyebab printer tidak bisa menarik kertas antara lain :

Baca Juga :

Penyebab Printer tidak bisa menarik kertas

1. Terdapat benda asing yang mengganjal di dalam printer, Seperti adanya benda-benda asing yang sempat masuk ke dalam printer, dan benda tersebut menghalangi jalannya kertas dan pada akhirnya roller (Karet Penari Kertas) tidak bisa menarik kertas saat proses pencetakan sedang berlangsung. Nah, untuk menhindari kasus seperti ini, sebaiknya anda menutupi printer dengan penutup apa saja setiap selesai melakukan proses mencetak dokumen.

2. Roller Printer (Penarik kertas) telah aus atau sudah mulai menipis sehingga roller tidak bisa lagi menjangkau posisi kertas. biasanya penyebabnya karena memang usia Roller yang sudah terlalu lama sehingga habis di makan usia.

Cara Memperbaiki Printer tidak bisa narik kertas

1. Lakukan langkah yang mudah terlebih dahulu yakni pada point pertama di atas, jadi anda harus membongkar printer lalu cari benda asing yang menyusup di printer anda yang telah membuat printer tidak bisa narik kertas.

2. Setelah point pertama dilakukan, namun ternyata tidak ditemukan benda asing yang mengganjal, itu artinya permasalahan terletak pada Roller printer anda. Well, bagaimana cara mengatasi printer yang tidak bisa narik kertas dengan penyebab seperti ini?? cara termudahnya adalah dengan mengganti roller dengan yang masih normal dan sebagian besar para tukang service printer mengatakan demikian. Tapi jika anda tidak memiliki Roller untuk melakukan penggantian, maka anda dapat memperbaiki Roller printer tersebut dengan cara sederhana di bawah ini.

Cara Simple Memperbaiki Roller Printer

Sebelum membahas lebih jauh cara memperbaiki roller printer ini, siapkan bahannya terlebih dahulu berupa sebuah selotip atau Isolasi. Jika sudah, silahkan ikuti tahap-tahap di bawah ini :

1. Lepas Roller Printer, buka juga bagian karet yang terdapat pada roller tersebut seperti di bawah ini

http://www.zuhrisoft.com/2017/02/cara-memperbaiki-printer-tidak-bisa.html

2. Lilitkan selotip di bagian roller yang telah dilepas karetnya, cukup lilitkan sebanyak 2 atau 3 lilitan saja sudah cukup.
3. Pasang kembali karet rollernya di atas selotip yang telah dililitkan.
4. Pasang kembali Roller printer tersebut pada posisi semula.
5. selesai.

Setelah melakukan langakah-langkah di atas, lakukan tes print, untuk menguji apakah proses memperbaiki printer di atas sudah berhasil atau tidak. Jika belum berhasil, coba ulangi lagi langkah di atas lalu tambahkan lagi satu lilitan selotip di bawah karetnya. Jika langkah-langkah memperbaiki printer yang tidak bisa narik kertas tersebut anda lakukan dengan benar, maka Roller printer bisa berfungsi dengan baik kembali seperti sedia kala.

Ok, demikian cara memperbaiki printer tidak bisa narik kertas yang pernah saya lakukan. Selamat mencoba, dan semoga bisa menjadi refrensi bagi kawan-kawan yang ingin memperbaiki printernya dengan kasus seperti di atas.

Subscribe to receive free email updates: