Cara mengecek suhu atau tempratur komputer

Namecheap.com
Bagaimana cara memonitor suhu atau temperature komputer. Pada posting kali ini saya akan berbagi cara mengetahui suhu atau tempratur komputer. Apakah perlu dilakukan monitoring suhu pada komputer atau laptop? Saya rasa perlu ya, karena dengan mengetahui suhu pada masing-masing hardware maka kita bisa memprediksi apa yang harus dilakukan untuk mengurangi suhu tersebut, apakah memberikan kipas tambahan ataukah mengistirahatkan mesin sejenak.

Cara mengecek suhu atau tempratur komputer

Well, untuk membantu kita dalam memonitor atau mengetahui suhu komputer, kita bisa menggunakan perangkat lunak pihak ketiga yang memang berfungsi untuk melakukan pengecekan terhadap suhu pada masing-masing hard ware. Dan pada kesempatan ini saya akan menggunakan aplikasi Open hardware Monitor untuk memantau suhu pada hardware komputer.

Baca Juga :

Open Hardware Monitor adalah perangkat lunak open source gratis yang bisa memonitor sensor suhu, kecepatan kipas, voltase, beban dan kecepatan clock komputer.

Open Hardware Monitor mendukung sebagian besar chip pemantau perangkat keras yang ditemukan di mainboard komputer. Suhu CPU dapat dipantau dengan membaca sensor suhu inti prosesor Intel dan AMD. Sensor kartu video ATI dan Nvidia serta media hard drive SMART dapat ditampilkan. Nilai yang dipantau dapat ditampilkan di jendela utama, dalam gadget desktop yang dapat disesuaikan. Perangkat lunak Open Hardware Monitor bisa dijalankan pada sistem operasi Windows XP / Vista / 7/8 / 8.1 / 10 32-bit dan 64-bit Microsoft Windows XP / Vista / 7/8 / 8.1 / 10 dan sistem operasi berbasis Linux x86 tanpa instalasi (portable).

Untuk mendapatkan Aplikasi Open Hardware Monitor, silahkan kunjungi situs resminya dan anda bisa mendownloadnya secara gratis. Untuk memonitor suhu dengan aplikasi ini, lakukan double klik pada file hasil download tadi, maka aplikasi Open Hardware Monitor akan berjalan dan akan ditampilkan suhu dari perangkat yang ingin dicek.

Subscribe to receive free email updates: