Cara Memperbaiki Port USB Laptop tidak bisa membaca Flashdisk

Namecheap.com
Cara Memperbaiki Port USB Laptop tidak bisa membaca Flashdisk

Apakah Anda pernah punya masalah port USB laptop/notebook/PC,  dimana ketika USB dicolok tidak bisa membaca Flash Disk, Perangkat dengan kabel USB, Mouse dan sebagainya??  Coba lakukan tips di bawah ini untuk mengatasinya.

Baca Juga :

Jika port USB tidak bisa mendeteksi perangkat yang dipasang padanya, cobalah untuk melakukan langkah-langkah analisa sebagai berikut. Periksa apakah permasalahan ini berlaku untuk semua port USB yang ada di laptop. Jika ternyata hal berlaku pada semua port USB, maka ada kemungkinan settingan Port USB pada BIOS masih dalam keadaan disabled. Untuk mengatasinya, lakukan langkah-langkah berikut :

1. Restart Komputer Anda.
2. Tekan Del atau F2 pada keyboard untuk masuk ke pengaturan BIOS.
3. Cek pada bagian Power Management.
4. Pada bagian USB Port ubah posisinya menjadi Enabled.

Namun jika permasalahan ini tidak terjadi pada semua Port USB, maka ada kemungkinan komputer terkena listrik statis yang membuat Port USB tidak bisa mendeteksi perangkat. Untuk mengatasi itu cobalah untuk mematikan komputer/Laptop terlebih dahulu, kemudian cabut aliran listrik yang terhubung ke laptop, diamkan beberapa saat dan selanjutnya Anda bisa kembali menghidupkan komputer. Namun jika belum bisa teratasi, coba langkah berikut ini :

Semua port USB laptop tidak berfungsi. Laptop tidak mengenali perangkat USB yang dicolokkan ke port USB.

Kemungkinan penyebabnya :
1. Masalah Software.
2. Kerusakan controller USB.

Langkah pemecahan masalah dan solusi perbaikan :

  • Uninstall semua entri USB terkait pada Device Manager kemudian restart laptop dan biarkan laptop mendeteksi kembali port USB dan menginstal drivernya. Berikutnya Uji kembali port USB anda. Jika permasalahan belum bisa teratasi, silahkan ikuti langkah berikutnya.
  • Lakukan Install ulang Windows, karena mungkin kerusakan pada port USB disebabkan oleh beberapa file sistem yang rusak.
  • Jika setelah install ulang Windows tak juga memecahkan masalah USB port ini, ada indikasi bahwa kerusakan USB ini disebabkan oleh hardware terkait. Bisa jadi pada motherboard ada controller USB yang rusak. Jika itu terjadi, maka motherboard harus diservice atau diganti.

Satu port USB di laptop longgar dan tidak berfungsi

Ketika Anda menghubungkan perangkat USB, tidak ada pergerakan yang terjadi, laptop tidak mendeteksi apa-apa. Sementara Port USB yang lain bisa bekerja dengan baik.

Kemungkinan penyebabnya :
1 . Koneksi yang buruk antara port USB dan motherboard .
2 . Port USB rusak .

Cara Penyelesaiannya :

Port USB tersambung langsung ke motherboard dengan solderan. Coba periksa solderan antara port USB dan motherboard,  karena bisa jadi retak sehingga port USB kehilangan kontak dengan motherboard. Itulah mengapa rasanya longgar dan perangkat USB dicolokkan ke port ini tidak terdeteksi. Dengan menyolder ulang port USB ini mungkin akan memperbaiki masalah ini.

Laptop menjadi lambat ketika perangkat USB terhubung

Kemungkinan penyebabnya :
1 . Kerusakan perangkat USB .
2 . Bad port USB .
3 . Perangkat lunak corrupt.
4 . Kerusakan Motherboard .

Cara Penyelesaiannya :

Ada kemungkinan perangkat USB yang rusak. Gunakan perangkat USB lain untuk mencobanya, jika laptop tetap terasa lambat ketika perangkat USB dicolokkan ke salah satu port tertentu, kemungkinan besar port USB tersebut yang rusak. Perbaiki atau ganti port USB tersebut dengan port USB yang masih berfungsi.

Jika perangkat USB bermasalah karena drivernya, cobalah untuk menginstal ulang drivernya.
Masuk ke device manager dan hapus semua entires dari Universal Serial Bus controller . Restart laptop dan biarkan laptop kembali mendeteksi port USB dan menginstal ulang drivernya. Setelah itu, coba lagi colokkan flashdisk untuk melihat hasilnya.

Kemungkinan lain juga yang menyebabkan laptop lambat saat dicolok flashdisk adalah ada beberapa file sistem inti yang rusak. Saran saya coba install ulang sistem operasi Anda untuk memperbaiki sistemnya.

Jika tak satu pun langkah-langkah di atas yang bisa menjawab permasalahan tersebut, kemungkinan besar permasalahan USB terletek di controller pada motherboard. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus mengganti atau service motherboard anda.

Laptop akan mendeteksi perangkat USB hanya jika digoyangkan.

Salah satu port USB di laptop tidak bekerja dengan benar. Laptop mendeteksi perangkat USB hanya jika Anda menggoyangkannya saja. Anda harus menyesuaikan posisi perangkat USB agar terdeteksi. Padahal semua port USB lain di laptop bekerja normal.

Kemungkinan penyebabnya adalah karena kerusakan langsung pada port USB tersebut. Sambungan antara port USB dan mainboard mungkin bermasalah.

Cara penyelesaiannya :

Jika perangkat USB harus digoyangkan terlebih dahulu dalam port USB agar dapat terdeteksi, kemungkinan besar port USB tersebut rusak atau penghubung antara mainboard dan USB rusak sehingga harus disolder ulang atau diganti.

Subscribe to receive free email updates: