Bisakah mengganti tinta Original dengan tinta lain pada printer Epson L300

Namecheap.com
Saya merupakan pengguna setia Printer Epson L300, printer yang satu ini terbilang cukup tangguh disegala medan. Printer ini saya gunakan untuk membuka usaha cetak foto, selain itu juga terkadang saya manfaatkan untuk mencetak dokument kalau kepepet. Secara default, printer Epson L300 menggunakan tinta Original yang sudah dilengkapi dengan Serial Number. Jadi setiap kali melakukan isi ulang tinta, kita diharuskan untuk memasukkan Serial Number juga.

Bisakah mengganti tinta Original dengan tinta lain pada printer Epson L300

Hal terberat dari pengguna Epson type ini adalah penggunaan tinta Original yang harganya lumaayan mahal. Kalau untuk cetak foto masih bisa dimaklumi karena kita mengutamakan kualitas, tapi kalau untuk mencetak teks biasa mungkin terlalu berat untuk merogoh kocek terlalu dalam. Maka akan timbul pertanyaan apakah bisa mengganti tinta original Epson dengan tinta biasa yang harganya relatif lebih murah? Trus bagaimana cara mengisi tinta Epson L300 menggunakan tinta biasa?

Recomended :

Kalau berkaca pada pengalaman saya pribadi, mengganti tinta Original Epson L Series dengan tinta biasa itu sangat bisa dilakukan dan cara mengisinya pun tak jauh berbeda dengan printer-printer lainnya yang menggunakan system tank. Namun sebaiknya usahakan untuk mengosongkan tinta pada tabung infus terlebih dahulu baru kemudian diisi dengan tinta biasa agar tintanya tidak tercampur dan akan menimbulkan masalah pada head printer.

Apakah ada efek buruk pada printer jika tinta Original diganti dengan tinta biasa? Efek buruk saya rasa tidak terlalu nampak ya, paling hanya hasil cetak yang sedikit berbeda jika dibanding dengan tinta original dan ini pun terasa jika digunakan untuk mencetak foto tapi kalau untuk mencetak teks atau gambar dengan kertas biasa saya rasa fine-fine saja.

Cara mengganti tinta Original Epson L300 dengan tinta biasa

  1. Sebaiknya kosongkan dulu tabung tinta sampai benar-benar habis agar tinta original tidak tercampur dengan yang baru.
  2. Isikan tinta biasa pada tabung sesuai dengan warnanya masing-masing
  3. Lakukan beberapa kali Head Cleaning agar tinta mengalir ke selang dan menuju ke cartridge
  4. Lakukan test print untuk melihat hasilnya apakah tinta sudah normal atau tidak
  5. Jika seteleh melakukan beberapa kali test print namun hasilnya tidak juga normal (tinta tidak keluar) maka perlu dilakukan penyedotan menggunakan spet bekas. Caranya : bongkar penutup atas printer kemudian angkat bagian penampung tinta yang tidak lancar, masukkan spet pada lubang tempat keluarnya tinta lalu lakukan penyedotan.
  6. Setelah melakukan langkah ke 5 biasanya tinta akan lancar, lakukan head cleaning lagi beberapa kali kemudian test print untuk mengecek hasilnya.

Cara di atas adalah langkah yang biasa saya lakukan ketika akan mengisi tinta printer Epson L300 dengan tinta biasa, dan selama melakukan cara tersebut semua berjalan normal dan printer Epson L300 milik saya masih beroperasi dengan normal hingga hari ini.

Demikian cara mengganti tinta Original dengan tinta lain pada printer Epson L300, selamat mencoba semoga bermanfaat..

Subscribe to receive free email updates: