Pengalaman Mengganti Keyboard laptop Lenovo B41

Namecheap.com
Kali ini saya ingin berbagi cara mengganti Keyboard Laptop Lenovo B41. Mengganti keyboard laptop bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Siapa pun bisa melakukannya, tak terkecuali sobat di rumah yang ingin mengganti keyboard laptopnya sendiri.

Cara Melepas dan Mengganti Keyboard laptop Lenovo B41

Namun pada kasus kali ini, saya mendapatkan servisan Laptop Lenovi B41 yang awalnya touchpad nya tidak berfungsi sama sekali. Ketika saya coba gerakkan, kursornya tidak bisa berpindah sedikit pun. Saya belum berani menyimpulkan kalau kerusakan terjadi pada touchpad laptop tersebut. Setelah saya coba beberapa saat ternyata keyboard laptop ini juga tidak berfungsi, malah ada tombol yang lengket dan bergerak-gerak sendiri di layar.

Baca Juga :

Akhirnya saya coba untuk membongkar keyboard laptop lenovo B41 ini untuk memastikan bahwa sumber kerusakan ini adalah berasal dari keyboard tersebut. Setelah mencoba melepaskan keyboard laptop ini, ternyata salah satu bautnya dol sehingga tidak bisa dibuka menggunkan obeng. Ya ... Salam, lengkaplah sudah penderitaanku ini.

Tak ingin kehabisan akal, akhirnya saya coba buka baut keyboard yang tidak rusak dan saya sisakan baut yang dol. Kemudian congkel pinggir-pinggir keyboard secara perlahan menggunakan pelastik agar proses pembongkaran laptop tidak meninggalkan bekas. Setelah berhasil mencungkil pinggir-pinggir keyboard kemudian angkat keyboard tersebut secara perlahan dan putar beberapa kali ke arah kiri sampai keyboard terlepas dari bautnya.

Cara Melepas dan Mengganti Keyboard laptop Lenovo B41

Nah, sekarang keyboard sudah bisa terlepas deh dari baut yang dol tadi tanpa harus repot-repot membukanya dengan obeng. Jadi, ini juga merupakan salah satu trik untuk membuka baut yang dol pada keyboard laptop tanpa menggunakan obeng.

Setelah saya melepas keyboard dari unit laptopnya ternyata touchpadnya bisa berjalan dengan lancar. Dan ternyata penyebab touchpad ini tidak berfungsi adalah karena terdapat tekanan-tekanan pada keyboard yang lengket. Nah untuk mengatasi permasalahan ini, cukup lakukan penggantian pada keyboard maka permasalahan touchpad dan keyboard sudah bisa teratasi sekaligus.

Demikian, cerita singkat saya tentang cara mengganti keyboard laptop dengan kondisi baut dol. Selamat mencoba, semoga bermanfaat ...

Subscribe to receive free email updates: