Cara membuat toolkit penyedot tinta cartridge dari printer bekas

Namecheap.com
Jika anda pernah mengalami permasalahan pada cartridge printer yang buntu dan tidak bisa mengeluarkan tinta, maka solusinya adalah menyedot tinta cartridge tersebut menggunakan toolkit penyedot tinta. Namun tentu tidak semua pengguna printer memiliki alat penyedot tinta tersebut karena biasanya dimiliki oleh tukang service printer yang sudah menjadi alat andalan untuk mengatasi cartridge printer yang buntu.

Cara membuat toolkit penyedot tinda cartridge dari printer bekas

Meskipun saya sering bergelut dengan service printer, tak pernah sekalipun terlintas di otak saya untuk membeli Toolkit penyedot tinta cartridge yang banyak dipromosikan pada media online. Trus, apa dong alat yang bisa digunakan untuk mengganti fungsi toolkit penyedot tinta untuk menguras cartridge yang buntu? Jawabannya simple, anda cukup membuat penyedot cartridge sendiri menggunakan printer bekas yang sudah tak terpakai.

Baca Juga :

Tapi... apakah benar kita bisa membuat toolkit penyedot tinta cartridge dari printer bekas? Jawabannya tentu saja bisa, coba anda perhatikan printer canon ip2770, mp258, mp287 dan type sejenisnya. Pada sebelah kanan printer tersebut terdapat penyerap tinta cartridge yang berfungsi untuk menyedot tinta dari cartridge saat dilakukan cleaning. Nah, bagian penyerap tinta inilah yang nantinya bisa digunakan untuk membuat penyedot cartidge yang kualitasnya tidak jauh berbeda dengan toolkit penyedot tinta yang beredar di pasaran.

Cara Membuat Toolkit Penyedot Tinta dari Printer Bekas

1. Bongkar priter anda lalu ambil bagian penyerap tinta cartridge (pada contoh ini saya menggunakan printer bekas merk canon ip2770)

Cara membuat toolkit penyedot tinda cartridge dari printer bekas

2. Setelah penyerap tinta terlepas, anda bisa meratakan bagian pinggirnya menggunakan cutter agar lebih mudah ketika dipegang saat melakukan penyedotan tinta.

Cara membuat toolkit penyedot tinda cartridge dari printer bekas

3. Siapkan 2 buah spet bekas, lalu sambungkan selang penyerap tinta tersebut dengan spet bekas, maka toolkit penyedot tinta buatan sendiri sudah siap untuk digunakan.

Cara menggunakan toolkit penyedot cartridge

cara menggunakan penyedot tinta ini cukup sederhana, tempelkan bagian penyerap tinta pada head cartridge kemudian tarik spet sampai tinta keluar. Agar hasilnya bagus, usahakan saat menempelkan sedotan posisinya tepat dan tidak ada ruang kosong yang bisa mengghambat proses penyedotan tinta.

Demikian cara membuat penyedot cartridge dari printer bekas, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: