Cara mengatasi Drive System C Penuh

Namecheap.com
Cara Mengatasi Drive System C Full. Pernahkan anda mengalami tiba-tiba Local disk C penuh sendiri padahal tidak pernah dijejali dengan data selain data system. Mungkin ada juga yang beranggapan bahwa penyebab Drive C penuh adalah karena adanya virus. Selain karena virus mungkin saja local disk c penuh disebabkan karena temporary files yang terlalu banyak. Menumpuknya temporary file / file sampah inilah yang menyebabkan local disk c tiba tiba penuh sendiri.

Baca Juga :

Di sini saya akan memberikan panduan untuk mengatasi local disk c yang penuh dengan cara melakukan Disk Cleanup, menghapus file temporary dan menggunakan aplikasi gratis CCleaner.

Cara Mengatasi Local Disk C Full pada Windows 7, 8, 10 dengan Disk Cleanup:

Cara pertama adalah dengan membersihkan local disk c tersebut menggunakan Disk Cleanup yang sudah tersedia pada Windows.

1. Klik kanan Local Disk C > pilih Properties > Disk CleanUp

cara mengatasi local disk c penuh

2. Berikutnya akan muncul kotak dialog Disk Cleanup, tunggu hingga proses calculating selesai

cara mengatasi local disk c penuh

3. Berikan centang pada semua yang ada di dalam list file sampah tersebut, kemudian klik juga pada tombol Clean up System File, maka sekali lagi akan muncul dialog box Disk Cleanup

cara mengatasi local disk c penuh

4. Klik tombol OK untuk lanjut ke langkah berikutnya

cara mengatasi local disk c penuh

5. Berikutnya akan tampil Warning "Are you sure you want to permanently delete these files?" pilih tombol Delete Files

cara mengatasi local disk c penuh

6. Proses menghapus file-file sampah yang tidak berguna di System C akan berjalan, tunggu sampai proses tersebut selesai, maka ruang kosong pada drive C akan bertambah dan sistem akan berjalan menjadi lebih cepat.

cara mengatasi local disk c penuh

Cara Ampuh Mengatasi Local Disk C Penuh dengan menhapus Temporary File

Jangan ragu untuk menghapus file temp, temporary file juga membuat local disk c penuh sendiri. Untuk menghapus file temp tersebut ikuti langkah di bawah ini :

1. Buka menu RUN dengan menekan Tombol Windows + R, kemudian ketikkan perintah "%temp%"

cara mengatasi local disk c penuh

2. Akan muncul folder sampah yang membuat local disk c menjadi penuh. Pilih semua isi folder tersebut dan delete hingga tidak ada yang tersisa.

cara mengatasi local disk c penuh

3. Jika terdapat file atau folder yang masih digunakan oleh sistem windows, maka akan muncul pemberitahuan, langsung klik aja tombol Skip.

Cara Mengatasi Local Disk C Penuh Menggunakan Aplikasi pihak ketiga

Selain menggunakan kedua cara di atas untuk mengatasi Local Disk C yang penuh karena file sampah, anda juga bisa menggunakan software tambahan seperti CCleaner untuk mempercepat proses tersebut. Anda bisa mendapatkannya secara gratis pada website resminya.

Demikian Cara Mengatasi Local Disk C yang tiba-tiba penuh sendiri. Selamat mencoba, semoga bermanfaat ...

Subscribe to receive free email updates: